Minggu, 28 Agustus 2016

Manfaatkan online shop yang gratis (1)

Manfaatkan online shop gratis (1)

Salam bahagia sahabat blogger,

Ini adalah posting pertama saya. Sekarang saya juga mencoba memulai membagikan langkah pertama yang saya tempuh setelah sekian banyak peluang usaha yang saya temukan. Dari beberapa peluang yang ada, akhirnya saya mengambil keputusan memilih jualan di online shop.
Dan ini aspek pertimbangan saya (yang sesuai dengan kondisi saya saat ini) :

  1. Di Jakarta biaya sewa tempat untuk jualan kisaran 500ribu sampai puluhan juta dalam hitungan satu bulannya.
  2. Saya berpikir: misalkan ambil tempat dengan biaya termurah (katakanlah Rp 500.000,-), timbul lagi pertanyaan di kepala saya "Apa yang akan saya jual disana?", "Berapa lagi modal yang diperlukan untuk memasok barang-barang?"
Mei 2016, saya tidak ada pekerjaan. Artinya tidak ada penghasilan. Saya mencoba melamar pekerjaan dengan bermodalkan ijasah S1 saya. Sampai awal bulan juli saya belum mendapatkan pekerjaaan. Ada beberapa panggilan untuk interview/wawancara, tetapi jawaban yang saya terima selalu "Kalau Anda diterima maka Anda akan dihubungi",  Setelah menjalani 3 bulan tanpa pekerjaan, rasa pesimis saya pun membesar. Apakah saya bisa mendapatkan pekerjaan sedangkan fresh graduate juga banyak ???
Di pertengahan bulan Juli 2016 saya mencoba mencari peluang usaha atau kesempatan"emas" lain selain melamar pekerjaan dengan motivasi hanya sekedar mendapatkan penghasilan saja. Sebenarnya di benak saya lebih condong untuk jualan (beli dan jual kembali). Saya mendapatkan beberapa pilihan yang menurut saya mempunyai prospek bagus diantaranya beli franchise, buka toko, berkarya dalam kerajinan tangan dan hasilnya dijual lagi.
Ini analisa saya:

  • franchise: modal untuk beli peralatan/perlengkapan sesuai standar franchisor, stok barang, tempat (minimal mesti sewa), biaya sewa tempat dagang --- (simpanan dana masih kurang)
  • buka toko: tempat mesti sewa, biaya sewa, pilihan barang dagangan, modal stok barang --- (aduh, menyesal. kenapa selagi ada penghasilan tetap, tidak ada yang disisihkan atau dikumpulkan untuk modal usaha buka toko)
  • kerajinan tangan: bahan (bisa beli eceran), tempat (bisa dikerjakan di rumah), hasilnya bisa dijual ke toko grosir atau retail. --- (Nah, ketemu yang terjangkau dengan dana cadangan, tapi sayangnya tangan saya ini tidak bisa berkarya. Setiap hasil karya saya selalu berbeda walaupun mengikuti petunjuk dan cara yang sama. Langsung patah semangat)

Semua yang saya anggap prospek bagus ada kendala dan halangan yang menghentikan saya. Setelah analisa, saya menyimpulkan point utama yang menjadi kendala adalah biaya sewa tempat dan modal untuk barang. Berdasarkan kesimpulan inilah saya memilih jualan di online shop.
Beberapa tahun terakhir ini kalimat-kalimat seperti "bisnis online", "online shopping", "jualan online", "belanja online", dan lain-lain sering saya dengar, tetapi tidak pernah terpikirkan oleh saya itu adalah salah satu peluang/kesempatan.
Dan sekarang ada beberapa situs web dimana kita bisa memasang barang dagangan kita disana tanpa di pungut biaya. Untuk pemula di bidang ini saya berpendapat dari sini saya bisa mendapatkan pelajaran tentang dunia perdagangan (jual-beli) dan dari sinilah saya mulai belajar dan mempraktekkannya.

Bersambung .......

 Sampai disini dulu posting saya,

Salam bahagia sahabat blogger

Tidak ada komentar:

Posting Komentar