Rabu, 07 September 2016

Manfaatkan online shop yang gratis (2)

Manfaatkan online shop gratis (2)

Salam bahagia sahabat Blogger,

Hai sahabat-sahabat yang mencari peluang-peluang pendapatan tambahan maupun yang sedang mencari peluang usaha baru. Saya ingin melanjutkan sharing saya nih.
Sudah sering kita mendengar kata "online shop". Apakah "online shop" itu? Seperti yang dibagikan melalui wikipedia "online shop" adalah salah satu bentuk perdagangan elektronik yang digunakan untuk kegiatan transaksi penjual ke penjual ataupun penjual ke konsumen melalui media internet. Penjual bisa mempromosikan barang atau jasa mereka di website-nya. Website atau situs web penjual akan menampilkan barang atau jasa penjual dan berisikan keterangan-keterangan penjelasan tentang produk-produk penjual, bagaikan toko yang memajang produk yang dijual. Dan pembeli dengan memanfaatkan media internet bisa mencari dan melihat barang atau jasa yang mereka kehendaki melalui website yang telah dipromosikan oleh penjual. Transaksi penjualan dan pembelian seperti ini merupakan bentuk komunikasi baru yang tidak memerlukan komunikasi tatap muka secara langsung, melainkan dapat dilakukan secara terpisah dari dan ke seluruh dunia melalui media notebookkomputer, ataupun handphone yang tersambung dengan layanan akses Internet. (Sumber: wikipedia)

Sekarang ini layanan akses internet sudah sangat mudah. Internet bisa di akses dari laptop, notebookkomputer, ataupun handphone. Dengan internet kita bisa menjangkau wilayah yang luas. Bisa menjangkau seluruh nusantara bahkan sampai ke seluruh dunia.

Oleh karena luasnya jangkauan internet inilah, peluang-peluang dan kesempatan pun menjadi lebih luas. Para pengusaha atau pedagang pun banyak yang memanfaatkan media internet untuk memperluas usaha mereka.
Analisa saya: Jika seorang pedagang yang tempat usahanya ada di Jakarta mempromosikan produk-produk mereka melalui media internet, maka produk-produk dari pedagang tersebut dapat di lihat oleh orang-orang di seluruh nusantara atau dilihat oleh orang-orang dari seluruh dunia. Jika pengusaha tersebut tidak mempromosikan produk-produknya lewat media internet, maka produk-produknya hanya akan dilihat oleh orang-orang yang melewati tempat usaha pengusaha tersebut (tentunya analisa saya mengandaikan jika pengusaha ini tidak menggunakan tenaga penjual keluar atau sales).

Jika kendala saya adalah biaya untuk sewa tempat dan modal untuk belanja barang, saya menyimpulkan kalau saya harus mencoba bisnis online dengan membangun “online shop”. Untuk mempunyai sebuah “online shop” atau toko online pribadi sendiri ternyata membutuhkan biaya yang hampir sama dengan menyewa satu tempat usaha. Semakin canggih toko di online kita, biaya yang perlu dikeluarkan juga akan semakin mahal.

Akhirnya saya memilih untuk memanfaatkan online shop yang gratis sebagai langkah awal saya menjajaki dunia bisnis. Point-point analisa saya antara lain:
1.     Handphone saya setiap bulannya selalu didaftarkan dengan paket internet.
Saya sudah membayar sewa tempat usaha setiap bulannya tanpa saya sadari sebelumnya. Karena setiap bulan saya mengeluarkan uang untuk pemakaian internet seperti untuk chatting, youtube, dan lain-lain. Kendala biaya sewa tempat sudah tidak menjadi kendala lagi bagi saya.
2.     Saya beli belanja barang dalam jumlah sedikit untuk dijual di online shop tanpa khawatir pengunjung akan mengatakan barang dagangan saya sedikit. Karena yang mengunjungi toko online sebagian besar memang mencari barang/produk yang dikehendaki atau mirip-mirip seperti yang dicari/dikehendaki pembeli. Kendala modal barang sudah diminimalisir. Tentunya semakin banyak produk yang kita jual kemungkinan mendapatkan pendapatan juga lebih besar.
3.     Di online shop saya bisa mempromosikan hasil karya atau hasil kerajinan tangan saya. Jika hasil karya kerajinan tangan di online shop saja laku, maka peluang untuk memasarkan ke pasar agen dan distributor jadi besar. Saya memanfaatkan online shop ini untuk uji produk di pasaran.


Setelah menganalisa sana-sini akhirnya online shop pertama yang saya pilih adalah tokopedia. Dan saya namakan “Bintang Kencana”. Jika ingin lihat online shop saya, silahkan klik nama online shop saya.

Saya mulai serius di online shop saya ini di bulan Juni 2016. Sekedar sharing saja, sampai bulan Agustus 2016 saya baru menjual 58 barang. Jauh sekali dari pengharapan. Tapi masih bersyukur, keuntungan dari penjualan itu bisa menutupi biaya ongkos (bensin motor, servis, ganti oli). Karena setiap hari saya masih jalan menggunakan sepeda motor, jadi bersyukurlah masih bisa menutupi biaya ongkos sehari-hari saya.

Setelah kendala awal dilewati, sekarang saya menghadapi kendala baru. Bagaimana meningkatkan statistik penjualan saya ????? Kalau melihat online shop lain di tokopedia, banyak yang berhasil menjual barang dalam jumlah besar. Apa yang mesti dilakukan saya agar dapat meningkatkan penjualan saya? Atau adakah tahapan yang harus saya lakukan tetapi tidak saya lakukan?
Sahabat-sahabat blogger yang bahagia, adakah yang mau sharing berbagi ilmu dan pengalamannya disini?



Berbagi dan Tumbuh Besar Bersama


Salam bahagia sahabat-sahabat Blogger

Tidak ada komentar:

Posting Komentar